Berbaur dengan Warga, Program Komunikasi Sosial Serma Novrianto

BERITA226 Dilihat

DUMAI – Serma Novrianto, Babinsa Koramil 03 SS, melaksanakan kegiatan komunikasi sosial (komsos) dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi Hutan dan Lahan guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), (28/4).

Dalam kegiatan komsos tersebut, Serma Novrianto bertemu dengan warga di wilayah tugasnya. Ia menyampaikan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga dan mengawasi Hutan dan Lahan agar terhindar dari risiko kebakaran yang dapat mengancam lingkungan dan keselamatan masyarakat.

Serma Novrianto juga memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai faktor-faktor yang memicu terjadinya Karhutla, seperti kecerobohan dalam pembakaran lahan dan hutan yang tidak terkendali. Ia menjelaskan bahwa musim kemarau yang panjang dapat meningkatkan risiko kebakaran, sehingga pengawasan yang ketat sangat diperlukan.

Selain itu, Serma Novrianto juga mengajak masyarakat untuk membentuk posko pengawasan Karhutla di setiap desa. Posko ini akan menjadi pusat informasi dan koordinasi untuk mengawasi potensi Karhutla, serta melaporkan kegiatan mencurigakan atau titik api yang terlihat.

Dalam upaya mencegah Karhutla, Serma Novrianto juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai tindakan pencegahan yang dapat dilakukan, seperti tidak membakar sampah sembarangan, melaporkan aktivitas mencurigakan di sekitar hutan dan lahan, serta menghindari pembakaran lahan secara liar.

Serma Novrianto menekankan pentingnya sinergi antara TNI AD, masyarakat, dan pemerintah dalam mencegah dan menanggulangi Karhutla. Ia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bekerja sama dalam mengawasi dan melaporkan adanya potensi kebakaran hutan dan lahan agar dapat ditindaklanjuti dengan cepat oleh pihak terkait.

“Pada hari ini, kami mengingatkan masyarakat agar selalu waspada dan siaga terhadap potensi Karhutla dan mengajak setiap individu untuk saling mengingatkan dan bersama-sama menjaga kelestarian hutan dan lahan demi keberlanjutan lingkungan dan keselamatan bersama,” Jelasnya.

Dengan semangat gotong royong dan kepedulian yang tinggi, Serma Novrianto dan masyarakat setempat berkomitmen untuk terus menjaga kelestarian Hutan dan Lahan serta mencegah terjadinya Karhutla di wilayah Koramil 03 SS.

“Kegiatan komsos ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan dan mencegah bencana Karhutla,” Ujarnya.***

Komentar