Babinsa Koramil 01 Dumai Sosialisasi di Peternakan, ini Ulasannya

BERITA129 Dilihat

DUMAI – Pada hari Sabtu, 22 Juni 2024, Babinsa Koramil-01/Dumai dari Kodim 0320/Dumai, Serda SMP Sinaga, melaksanakan sosialisasi mengenai Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di RT 05, Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan pemilik ternak, khususnya Sabri, agar menjaga kebersihan kandang dan kesehatan ternaknya.

Serda SMP Sinaga menjelaskan bahwa kebersihan kandang adalah kunci utama dalam mencegah penyebaran PMK.

“Kami mengingatkan kepada para peternak bahwa menjaga kebersihan kandang sangat penting untuk memastikan ternak tetap sehat dan terhindar dari penyakit,” ujarnya.

Dalam sosialisasinya, Serda Sinaga memberikan contoh langkah-langkah praktis yang bisa dilakukan oleh para peternak.

“Membersihkan kandang secara rutin, memastikan sirkulasi udara yang baik, dan memberikan pakan yang bersih adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ternak,” jelasnya.

Serda Sinaga juga menekankan bahwa PMK dapat berdampak serius pada kesehatan ternak dan ekonomi peternak.

“PMK dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang besar jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk proaktif dalam mencegahnya,” tegasnya.

Lebih lanjut, Serda Sinaga mengajak masyarakat di RT 05 untuk saling bekerja sama dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Kerja sama antar warga sangat penting. Dengan lingkungan yang bersih, kita bisa mencegah berbagai macam penyakit termasuk PMK,” katanya.

Dalam wawancara, Serda Sinaga menyampaikan harapannya agar para peternak semakin peduli terhadap kesehatan ternaknya.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, para peternak lebih memahami pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan ternak mereka,” tuturnya.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Babinsa Koramil-01/Dumai ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan kandang dan kesehatan ternak.

“Semoga upaya ini bisa membantu kita semua dalam mencegah penyebaran PMK dan menjaga kesehatan ternak di wilayah kita,” pungkas Serda Sinaga.***

Komentar