Tampung Keluhan Warga di Medsos, Jokowi Dapat 7.400 Lokasi Jalan Rusak

BERITA437 Dilihat

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pihaknya sudah berhasil mendapatkan titik-titik jalan rusak dari laporan masyarakat di media sosial. Menurutnya, sudah ada 7.400 lokasi jalan rusak yang diidentifikasi dari laporan masyarakat di media sosial resminya.

Jokowi menyatakan pihaknya juga mendapatkan data dari Kementerian PUPR soal jalan yang rusak di daerah. Dua data itu disamakan, kemudian dicek langsung ke lapangan.

“Dari PU dapat, saya dapat juga dari masyarakat, dari IG, Twitter, Facebook semuanya dapat. Kemarin saya cek urusan jalan rusak aja ada 7.400 lokasi yang masuk ke IG, Twitter, Facebook yang kita miliki. Harus di-cross check juga biar sama,” ungkap Jokowi usai meninjau jalan rusak di Jalan Gunting Saga, Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara, Rabu (17/5/2023).

Dia mengaku melakukan peninjauan langsung di lapangan untuk memastikan laporan yang didapatkan dari masyarakat. Bila benar ada jalan yang rusak berat, pemerintah akan turun tangan membantu pemerintah daerah bila kesulitan melakukan perbaikan.

“Kan data dan lapangan nggak beda jauh. Hanya sekarang mana yang diprioritaskan, yang rusak berat dulu, jalan logistik didahulukan. Karena menyangkut inflasi dan lain-lain. Kita cek lah, segera dimulai semuanya, cek yak langsung mulai,” ujar Jokowi

Sebelumnya, setelah melakukan peninjauan jalan rusak di Provinsi Lampung yang viral beberapa waktu lalu. Jokowi meminta agar seluruh masyarakat melaporkan dan mengirimkan video langsung kepada dirinya, di dalam kolom komentar pada media sosial miliknya.

“Pembangunan infrastruktur jalan itu penting untuk mendukung arus mobilitas barang dan orang. Mobilitas yang lancar akan membantu menurunkan biaya logistik dan harga barang di pasar-pasar,” tulis Jokowi dikutip dari unggahan di media sosial resminya.

“Apabila jalan di daerah Anda masih rusak parah dan sudah lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya melalui kolom komentar dan kirim video melalui pesan langsung di akun Instagram ini,” tambahnya.

Sumber: detik.com

Komentar