Sosialisasi Microba PA63LK31 Karya Brigadir Jenderal TNI di Wilayah Kodim 0320 Dumai

BERITA554 Dilihat

DUMAI – Senin (05/06/2023), bertempat di Kanal Resapan Komplek Pertamina RU II Dumai, Danrem 031/WB laksanakan sosialisasi Microba PA63LK31 Karya Brigjen TNI Dany Raksa Andalasawan.

Air bersih menjadi unsur terpenting dalam kehidupan manusia. Lebih dari setengah tubuh manusia terdiri dari air. Tidak hanya untuk dikonsumsi, tapi air juga digunakan manusia untuk kebutuhan penting lainnya, seperti sanitasi, produksi, ataupun kegiatan lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Ketersediaan air bersih belum seluruhnya dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas. Dampaknya, banyak masyarakat di wilayah sulit air harus bersusah payah memenuhi kebutuhan air bersih harian.

Walaupun wilayah tropis dengan curah hujan tinggi, hal itu tidak menghindarkan masyarakat dari kesulitan air bersih. Seperti yang dirasakan masyarakat di Jalan Tunas Makmur Kelurahan Bukit datuk Kecamatan Dumai selatan Kota Dumai.

Terletak di dataran rendah, tidak serta-merta memudahkan masyarakat mendapatkan sumber mata air yang bisa dimanfaatkan bersama. Distribusi dari sumber mata air menuju rumah warga menjadi kendala yang selama ini belum terpecahkan.

“Guna menjawab kendala yang dihadapi warga setempat. Kedatangan kami kesini untuk Sosialisasi, Danrem 031 WB telah mengembangkan penelitian dan penemuan tentang mikroba, jadi kami ke sini mau mengambil sampel nantinya untuk penjelasan lebih lanjut kepada tim ahli kami Profesor Jiung dari Jakarta,” ujar Brigjen TNI Dany Raksa.

Kami tidak ada maksud lain untuk mencampuri internal Pertamina tapi kami sosialisasi ini dengan penemuan mikroba ini kami terapkan Apakah di tempat seperti ini juga bisa nanti hasilnya. sama-sama kita melihat hasil air yang kondisi awal tidak layak menjadi laya untuk dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari baik untuk mandi, mencuci dan untuk minum. Nanti sampaikan kepada pihak Pertamina ucapan terima kasih kami yang sudah menerima kami disini,” sambungnya.

Pengambilan Sampel air kanal dan Pembuktian oleh warga langsung dirasakan air kanal yang sebelumnya rasanya kelat dan sdikit berbau setelah diberikan Mikroba air terasa manis dan baunya berubah menjadi bau buah buahan kata warga.

Penyerahan Microba oleh Dansatgas (Mayor inf Kabul) kepada Babinsa Bukit Datuk Serda Andri Widodo. Dan Penyerahan Microba oleh DanTim Mayor Inf Kabul Kepada Rifky F Sutikno (Mangement HSSE RU II Dumai).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Prof Imam Untung Selamat (Jiung), Mayor Inf Kabul (Dantim Intel Korem 031/WB) – Dansatgas beserta Tim.

Rifky F Sutikno (Manajemen HSSE RU II Dumai), Kapten Inf Ahmad Misnan (Nonfik Pertamina RU II Dumai) , Lettu Inf Edyanto (Pasi Intel Kodim 0320/Dumai) , Serda Andri Widodo (Babinsa Kelurahan Bukit Datuk) , Serka Suandi ( Babinsa Kelurahan Mekar Sari). Ismail Rasyada (Kasi Trantib Kelurahan Bukit Datuk) Junaidi (Ketua RT Bunga Tanjung) dan Masyarakat setempat.

Walikota Dumai H Paisal sangat mendukung program ini dan berencana akan mengumpulkan kelompok tani dibawah dinas ketahanan pangan yang ada di kota dumai pada hari selasa tanggal 6 juni 2023 bertempat di media centre kota Dumai.***

Komentar