Siswa SMKN 5 Belajar Proses Pengolahan Air Bersih di WTP PT KPI Dumai

BERITA522 Dilihat

DUMAI – Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 melakukan kunjungan industri ke PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai.

Dalam rangka belajar secara langsung terkait proses pengolahan air bersih, rombongan diterima di Water Treatment Plan (WTP) PT KPI Unit Dumai yang berada di Komplek Perumahan Pertamina Bukit Datuk, Kamis (3/8).

Agustiawan Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Dumai, menyambut baik kehadiran siswa serta guru SMKN 5 di pusat pengolahan air bersih untuk kilang dan perumahan kami.

“Kami tentu saja menyambut baik kehadiran bapak ibu guru serta adik-adik SMKN5 Dumai, dan kami juga berkomitmen untuk mendukung perkembangan dunia pendidikan khususnya SMK yang memang disiapkan untuk menjadi sumber daya manusia andal dalam berbagai bidang industri,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, rombongan SMKN 5 Dumai mendapatkan pembekalan materi tentang pengolahan air bersih yang ada di lingkungan PT KPI Unit Dumai.

Sr Supervisor Facility & Quality – Utilities, Sapriadi, memberikan pemaparan mengenai utilities dan pengolahan air di kilang Pertamina Dumai.

Dia menjelaskan bagian utilities tidak hanya mengelola air, tetapi juga mencakup pengolahan air yang bisa menghasilkan listrik. Selain itu, dijelaskan juga terkait keunggulan produk-produk Pertamina, khususnya produk dari kilang Dumai dan Sei. Pakning.

“Selain itu, ada proses pengolahan lanjutan yang melibatkan deminarizer dan airator untuk menghilangkan kandungan garam dan zat-zat terlarut dalam air,” ujarnya.

Dijelaskan pula secara spesifik terkait WTP, dimana WTP bertugas untuk merencanakan pengolahan air baku menjadi air layak konsumsi.

Rombongan SMKN 5 Dumai juga diajak berkeliling melihat langsung unit-unit yang ada di WTP, seperti tempat pengendapan dan penampuang air bersih yang akan didistribusikan ke wilayah perkantoran dan perumahan melalui Distribusi Pump.

Sedangkan Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMKN 5 Dumai, Yanuar, mengatakan kunjungan industri ini penting dilaksanakan sebagai sarana motivasi bagi guru dan siswa untuk lebih semangat dalam pembelajaran.

“Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang peran dan penerapan industri dalam dunia industri terutama di PT KPI Unit Dumai, serta memperluas wawasan siswa SMKN 5 Dumai dalam bidang industri dan teknologi,”

“Semoga kunjungan ini menjadi sarana inspirasi dan pembelajaran yang bermanfaat bagi seluruh peserta,” pungkasnya.

Kegiatan kunjungan industri kali ini dihadiri oleh 6 orang guru pendamping dan 61 siswa SMKN 5 Dumai.

Selain itu, hadir pula Section Head Utilities PT KPI Unit Dumai, Riduan, serta jajaran perwira yang bertugas di WTP Dumai.rls***

Komentar