Satgas TMMD Lakukan Penyuluhan Kesehatan Bagi Masyarakat

BERITA512 Dilihat

DUMAI – Kamis (27/07), dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesadaran masyarakat, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 melaksanakan penyuluhan kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) di Sungai Geniot, Kecamatan Sungai Sembilan.

Kegiatan penyuluhan ini dihadiri oleh masyarakat setempat dan merupakan bagian dari program TMMD yang bertujuan untuk memberdayakan desa-desa terpencil dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai kegiatan pembangunan.

Dalam penyuluhan ini, Satgas TMMD ke-117 mengundang dua penyuluh ahli dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang bertugas di Kota, yaitu Martalena S.Km dan Rony Alqadri S.Km.

Kedua penyuluh tersebut merupakan tenaga medis yang memiliki pengalaman dan kompetensi di bidang kesehatan dan Keluarga Berencana.

Martalena S.Km menyampaikan materi tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh, termasuk pola makan sehat, olahraga, dan pencegahan penyakit.

Ia juga memberikan informasi mengenai pentingnya mengikuti program imunisasi dan memeriksakan kesehatan secara rutin untuk mencegah penyakit menular dan mendeteksi dini berbagai penyakit kronis.

Selanjutnya, penyuluhan tentang Keluarga Berencana (KB) dan perencanaan keluarga. Ia memberikan penjelasan tentang berbagai metode kontrasepsi yang tersedia, serta manfaat dari KB dalam mengatur jumlah anak sesuai dengan kondisi dan keinginan keluarga.

Masyarakat Sungai Geniot sangat antusias mengikuti kegiatan penyuluhan ini. Mereka aktif bertanya dan berdiskusi dengan kedua penyuluh ahli tersebut.

Para peserta menyambut baik informasi yang diberikan dan berkomitmen untuk menerapkan pola hidup sehat dan KB di lingkungan masing-masing.

Selain penyuluhan, Satgas TMMD juga sempat memberikan layanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan sederhana dan pembagian vitamin kepada masyarakat. Hal ini sebagai upaya nyata dalam memberikan dukungan terhadap kesehatan masyarakat setempat.

“Kegiatan penyuluhan kesehatan dan KB di Sungai Geniot ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan perencanaan keluarga,”

“Selain itu, melalui program TMMD ke-117, diharapkan dapat terwujudnya pembangunan desa yang berkelanjutan dan masyarakat yang lebih sejahtera,” Ujar Dansatgas TMMD Letkol Inf Anthony Tri Wibowo yang diwakili oleh Letda Arh Sunaryo.***

Komentar