Sambut HUT RI ke-78, Jokowi Resmikan Gelaran Istana Berkebaya

BERITA568 Dilihat

JAKARTA – Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-78 , Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana resmi membuka acara peragaan busana bertajuk Istana Berkebaya.

Digelar di depan Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu (06/08). “Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Istana Berkebaya saya nyatakan dibuka,” ucap Jokowi, mengutip dari Setkab.

Jokowi mengatakan, kebaya merupakan lambang dari karakter masyarakat Indonesia yang anggun.

“Kebaya itu melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, yang lemah lembut, yang sopan, dan bersahaja,” lanjutnya.

Dalam acara tersebut, Presiden terlihat memakai baju koko sadariah berwarna hitam dilengkapi dengan peci hitam dan sarung hijau yang terbalut di leher.

Sedangkan, Ibu Negara terlihat memakai kebaya encim berwarna merah dan kain Betawi dengan warna senada

Layaknya acara Betawi umumnya, gelaran Istana Kebaya juga dimulai dengan pantun yang disampaikan oleh Ibu Iriana Jokowi.

“Sebelum acara dimulai, izin Pak Jokowi saya mau berpantun. Bunga menur, bunga raflesia. Mekar sekuntum, merah merona. Citra luhur wanita Indonesia. Pribadi anggun dengan kebaya,” kata Ibu Iriana Jokowi.

Heru Budi Hartono Gubernur DKI Jakarta dalam laporannya mengatakan, peragaan busana Istana Berkebaya bertujuan untuk menjaga persatuan serta mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya bangsa.

“Selaras dengan semangat HUT RI ke-78 ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’, acara Istana Berkebaya mengajak kita untuk mencintai dan melestarikan budaya Indonesia serta merajut persatuan dan kesatuan sebagai fondasi yang kokoh bagi kemajuan bangsa,” ujar Heru.

Dalam peragaan busana ini turut berjalan di catwalk sepanjang 200 meter, antara lain, para menteri perempuan Kabinet Indonesia Maju, istri para menteri Kabinet Indonesia maju yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), hingga istri para duta besar.

“Fashion show sore hari ini sangat istimewa karena melibatkan wanita-wanita inspiratif dari berbagai kalangan masyarakat, mulai dari ibu OASE dan menteri wanita Kabinet Indonesia Maju, istri para duta besar, pejabat dan pegawai di lingkungan Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, serta para ibu-ibu yang hadir sore hari ini,” tandas Heru.

Turut hadir, Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang tampak mengenakan baju sadariah berwarna putih dengan sarung hitam didampingi oleh Ibu Wury Estu Ma’ruf Amin yang memakai kebaya encim berwarna putih.***

Komentar