Personil Kodim 0320 Dumai Ikuti Sosialisasi P4GN

BERITA95 Dilihat

DUMAI – Pada hari Rabu, 12 Juni 2024, bertempat di Aula Kodim 0320/Dumai, Jalan Sultan Syarif Kasim, Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, dilaksanakan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada Personel Kodim 0320/Dumai.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapten Arh M.I Daulay (Dan Ramil 1/Kota), Eko Pranata (Narasumber Penyuluhan Narkoba BNN Kota Dumai), serta beberapa pejabat penting lainnya, termasuk seluruh Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS Kodim 0320/Dumai.

Dalam sambutannya, Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Antony Tri Wibowo menyampaikan, Ini merupakan program dari komando atas per semester dan saat ini dilakukan Sosialisasi P4GN kepada Personel Kodim 0320/Dumai yang merupakan Semester I.

“Kami tidak bosan-bosannya melakukan program P4GN ini untuk mencegah personel Kodim 0320/Dumai terlibat dalam jaringan narkoba,” jelas Dandim.

Letkol Inf Antony Tri Wibowo turut juga mengingatkan kepada seluruh peserta akan pentingnya mendengarkan penyuluhan dengan seksama.

“Kepada rekan-rekan agar didengarkan pada saat penyuluhan nanti untuk menjadi pedoman kita menjauhi narkoba dan jangan untuk mencoba narkoba karena dapat merusak diri kita sendiri dan keluarga kita nantinya,” tegas Dandim 0320/Dumai.

Eko Pranata, selaku pemateri yang berasal dari BNN Kota Dumai menjelaskan tentang narkotika, menurutnya, Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.

“Psikotropika adalah zat atau obat yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat, menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku,” kata Eko Pranata.

Selain itu, bahan adiktif lainnya juga dibahas dalam sosialisasi ini. “Bahan adaptif lainnya adalah bahan yang menyebabkan adiksi atau ketergantungan yang membahayakan kesehatan dengan perubahan perilaku, kognitif, dan fenomena psikologis,” jelas Eko Pranata.

Usai penyuluhan, dilakukan tes urine yang diawasi oleh Pasi Intel, Provost, dan Unit Intel Kodim 0320/Dumai.

“Tes urine ini penting untuk memastikan bahwa personel Kodim 0320/Dumai benar-benar bebas dari narkoba,” kata Letkol Inf Antony Tri Wibowo.

Hasil tes urine menunjukkan bahwa seluruh personel Kodim 0320/Dumai dinyatakan negatif narkoba.

“Hasil ini menunjukkan komitmen kita dalam menjaga lingkungan militer yang bersih dari narkoba,” tutup Dandim 0320/Dumai.***

Komentar