Perkuat Sektor Peternakan dan Pertanian, Satgas TMMD Gelar Penyuluhan

BERITA513 Dilihat

DUMAI – Dalam rangka memperkuat sektor peternakan dan pertanian di wilayah Sungai Geniot, satuan tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-117 bekerjasama dengan dinas terkait melakukan penyuluhan untuk para petani dan peternak setempat

Dansatgas TMMD Ke-117, Letkol Inf Anthony Tri Wibowo, menghadirkan program ini sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung ketahanan pangan nasional.

Letkol Inf Anthony Tri Wibowo menyampaikan bahwa program TMMD tidak hanya berfokus pada pembangunan fisik infrastruktur, tetapi juga berupaya memberdayakan sektor pertanian dan peternakan.

Dengan memperkuat sektor ini, diharapkan dapat meningkatkan produksi dan kualitas hasil pertanian dan peternakan di wilayah tersebut.

Satgas TMMD Ke-117 dan dinas terkait menyajikan materi-materi penting terkait teknik bercocok tanam yang efektif, penerapan metode pertanian modern, serta pemanfaatan teknologi pertanian yang inovatif untuk meningkatkan hasil panen. Selain itu, juga diberikan penyuluhan mengenai penggunaan pupuk organik dan pengendalian hama secara alami guna mengurangi penggunaan pestisida yang berpotensi merusak lingkungan.

Tak hanya sektor pertanian, para peternak juga mendapatkan pembekalan informasi terkait pemeliharaan ternak yang baik dan benar. Penyuluhan tentang manajemen pakan yang efisien serta teknik pemuliaan dan kesehatan hewan turut diberikan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil peternakan.

Letkol Inf Anthony Tri Wibowo menegaskan bahwa melalui program penyuluhan ini, diharapkan para petani dan peternak di wilayah Sungai Geniot dapat mengadopsi praktik-praktik terbaik dan teknologi modern. Hal ini diharapkan akan mampu meningkatkan pendapatan mereka serta kontribusi positif terhadap ketahanan pangan di tingkat lokal dan nasional.

Pihak Satgas TMMD Ke-117 dan dinas terkait juga memberikan dukungan teknis dan pengawasan untuk memastikan bahwa teknik dan pengetahuan yang diberikan dalam penyuluhan diterapkan dengan baik.

“Melalui sinergi antara pihak militer dan pemerintah daerah, diharapkan program TMMD Ke-117 dapat memberikan dampak yang signifikan bagi pembangunan pertanian dan peternakan di Sungai Geniot,” jelasnya.

Para petani dan peternak setempat menyambut baik dan antusias atas program penyuluhan ini. Mereka berharap peningkatan pengetahuan dan teknik yang diperoleh akan membawa perubahan positif dalam hasil produksi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayah tersebut.

“Dengan semakin kuatnya sektor pertanian dan peternakan, diharapkan juga dapat mengurangi ketergantungan pada impor pangan dan berkontribusi pada kedaulatan pangan negara,” Tutur dansatgas.***

Komentar