Perdana Menteri Wanita Pertama Denmark Bergabung dengan AUW sebagai Patron

CHITTAGONG, BANGLADESH – Media OutReach Newswire – Perdana Menteri perempuan pertama Denmark, Helle Thorning-Schmidt, sekaligus pemimpin satu dekade Partai Sosial Demokrat di negaranya, telah bergabung dengan Asian University for Women (AUW) di Bangladesh sebagai Patron.

Sementara Perdana Menteri Thorning Schmidt juga menjabat sebagai Chief Executive Officer Save the Children International dan terus melayani di berbagai peran Dewan dan Penasihat yang penting, termasuk sebagai Co-Chair dari Dewan Pengawas Facebook yang menangani isu-isu kompleks terkait kebebasan berekspresi.

Asian University for Women (https://asian-university.org) yang didirikan pada tahun 2008 oleh seorang pemimpin politik terkemuka Denmark, mantan Menteri Lingkungan Hidup almarhum Lone Dybkjaer, telah mendapatkan pengakuan dan dukungan yang luas di Denmark. Lone Dybkjaer Foundation secara tegas didirikan di bawah kepengurusan suami Ibu Dybkjaer, Poul Nyrup Rasmussen – yang menjabat selama tiga periode sebagai Perdana Menteri Denmark.

Perdana Menteri Poul Nyrup Rasmussen menghadiri acara tahunan Peresmian Universitas Asia untuk Perempuan pada tahun 2023 di Chittagong, Bangladesh, dan, dalam menarik perhatian pada pentingnya pendidikan dan pemberdayaan perempuan sebagai hak asasi manusia dan juga untuk mengatasi tantangan global yang lebih luas, ia menyebut acara tersebut sebagai “pertemuan terpenting” yang pernah ia hadiri.

“Saya sangat senang dapat bergabung dengan Asian University for Women sebagai Pelindung. Tidak ada universitas lain di dunia yang melakukan apa yang dilakukan AUW – universitas ini secara proaktif mencari melalui berbagai metode kreatif untuk menjangkau remaja putri yang paling terpinggirkan di dunia, mempersiapkan mereka untuk pendidikan di universitas, dan meluluskan mereka sebagai perempuan muda yang memiliki kemampuan luar biasa dan terampil, yang memiliki tekad yang kuat untuk mengabdikan hidup mereka untuk mengatasi ketidakadilan dan keterbelakangan. Nelson Mandela adalah pahlawan saya ketika saya masih kecil – dan para wanita muda ini yang meskipun menghadapi segala rintangan yang tak terbayangkan masih bertahan dalam menciptakan dunia baru juga telah menarik kekaguman saya. Saya berharap dapat membantu misi AUW dengan cara apa pun yang saya bisa,” ungkap Perdana Menteri Thorning-Schmidt.

“Saya sangat senang bahwa teman saya, Perdana Menteri Helle Thorning Schmidt, bergabung dengan AUW sebagai Pelindung. Dia telah memecahkan banyak “langit-langit kaca” dan mendorong perubahan signifikan secara lebih luas melalui kecerdasannya yang tajam dan hasratnya untuk dunia yang lebih adil. Sebagai catatan pribadi, kebetulan almarhum istri saya, Lone Dybkjaer (yang menjadi nama Yayasan AUW Denmark), pernah bertugas di Parlemen Eropa bersama Helle dan juga mendiang ibu mertua Helle, Baroness Kinnock dari Holyhead, di Parlemen Eropa pada waktu yang sama,” komentar Perdana Menteri Rasmussen.

Keterangan Foto Perdana Menteri Poul Nyrup Rasmussen bersama para pelajar Lone Dybkjaer di depan potret almarhum Lone Dybkjaer di AUW’s Mahsa Amini Center

Kesadaran Perdana Menteri Helle Thorning-Schmidt akan isu-isu sosial yang besar muncul sejak usia dini: sebagai seorang remaja yang tumbuh di Denmark, ia telah merasa jijik dengan kekejaman dan absurditas apartheid Afrika Selatan. Sebagai Perdana Menteri Denmark, ia menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam dukungan Denmark untuk pendidikan. Ia kemudian mencatat: “…kita tidak boleh melupakan anak-anak yang rentan yang tinggal di daerah yang tidak aman, anak-anak yang hidup dalam situasi yang rapuh. Hak mereka untuk mendapatkan pendidikan sangatlah penting.” Sebagai CEO Save the Children International, ia secara khusus mengadvokasi perlindungan bagi mereka yang rentan di Suriah, Yaman, dan Rohingya dari negara bagian Rakhine, Myanmar.

Mendapat pendidikan di University of Copenhagen dan College of Europe, ia membawa apresiasi yang mendalam terhadap pendidikan sebagai instrumen pemberdayaan perempuan dan komitmen yang tak tergoyahkan untuk membantu membangun institusi ini sebagai pusat keunggulan global di mana setiap perempuan muda yang berbakat dapat bercita-cita untuk mendapatkan pendidikan yang baik dan memperbaharui komitmennya untuk menciptakan dunia yang adil.

Dewan Pelindung AUW diketuai oleh Kepala Pelindung Sheikh Hasina, Perdana Menteri Bangladesh. Patron lainnya termasuk Ny. Cherie Blair CBE KC (Inggris); Laura Bush (Amerika Serikat); Emma Bonino (Italia) dan tokoh-tokoh lainnya dari seluruh dunia.

Keterangan Foto: Helle Thorning-Schmidt

Hashtag: #AUW

The issuer is solely responsible for the content of this announcement.