Panas Ekstrim, Koramil 01 Dumai Pastikan Hutan dan Lahan Aman

BERITA135 Dilihat

DUMAI – Dalam rangka mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah binaannya, Koramil-01/Dumai – Kodim 0320/Dumai gencar melaksanakan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat.

Pada hari Senin, 29 April 2024, Babinsa Kelurahan Purnama – Kecamatan Dumai Barat, Sertu Mahyudin, melaksanakan patroli Karhutla di wilayah yang rawan terjadi kebakaran, seperti di RT 03. Dalam patroli ini, Sertu Mahyudin menyusuri area perkebunan dan lahan kosong yang kering, serta memantau kondisi sekitar untuk mendeteksi dini potensi terjadinya Karhutla.

Selain patroli, Sertu Mahyudin juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat di RT 03 tentang bahaya Karhutla dan cara-cara pencegahannya. Sertu Mahyudin menjelaskan kepada masyarakat bahwa Karhutla dapat menimbulkan berbagai dampak negatif, seperti kerusakan lingkungan, kabut asap, dan gangguan kesehatan.

“Membakar lahan untuk membuka lahan baru adalah praktik yang berbahaya dan dapat menimbulkan kebakaran hutan dan lahan. Oleh karena itu, kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar,” jelas Sertu Mahyudin.

Sertu Mahyudin juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah Karhutla dengan melaporkan kepada pihak berwenang jika melihat adanya tanda-tanda kebakaran. “Mari kita jaga bersama kelestarian lingkungan dan hindari terjadinya Karhutla di wilayah kita,” ajak Sertu Mahyudin.

Sosialisasi dan patroli Karhutla yang dilakukan oleh Koramil-01/Dumai ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya Karhutla dan mendorong mereka untuk lebih aktif dalam pencegahannya. Dengan kerjasama semua pihak, diharapkan Karhutla di wilayah Dumai dapat diminimalisir, bahkan dihilangkan sama sekali.***

Komentar