Mega Bingung soal Papua: Kalau Saya Masih Komandan, Saya Turunkan Batalion

BERITA511 Dilihat

JAKARTA – Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri menyinggung soal masalah di Papua yang disebutnya tidak kunjung usai. Megawati menyebut dirinya akan menurunkan beberapa batalion jika dirinya masih memimpin.

“Saya lihat yang maju ke Papua ini. Saya terus bilang, hm, kalau saya masih komandan, boleh toh Pak ngomong?” kata Megawati saat menghadiri serah terima pengoperasian Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Karno-369 di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023).

“Kalau saya masih komandan, saya turunkan di sana berapa batalion. Keren, kan,” tambahnya.

Megawati mengaku dirinya sedih atas hal ini. Bahkan dia pun merasa bingung.

“Nah seperti sekarang, rasanya saya sedih lho, ini boleh dong, lah kok urusan Papua saja kok nggak selesai-selesai. Jadi saya bingung sendiri. Terus saya mikir sendiri,” kata Megawati.

Megawati mengaku memahami betul permasalahan di daerah lantaran pernah menjabat sebagai presiden. Dia lantas heran dengan permasalahan di Papua yang masih terus berlangsung hingga kini.

“Karena saya bilang, saya pernah presiden. Saya tahu dan saya tahu banget, bukannya tahu saja, yang namanya, kan dulu saya juga bisa punya panglima suka saya perintah, jadi saya lihat ini kenapa ya? Salahnya di mana ya?” sambungnya.

Masih dalam kesempatan itu, Megawati mengaku berani mengatakan hal tersebut di depan para prajurit Angkatan Laut karena permasalahan ini harus terjawab.

“Tapi karena saya bukan apa-apa lagi, ya saya diam aja. Tapi karena ini di Angkatan Laut, saya berani bicara. Kenapa? Ya itu kan harus dijawab (urusan Papua),” ujarnya.

Sumber: detik.com

Komentar