Laporan KPMG: Tiongkok Menyumbang 8 dari 10 Kesepakatan Modal Ventura Terbesar di Asia pada Kuartal Pertama Tahun 2024

HONG KONG SAR – Media OutReach Newswire – Meskipun kondisi pasar menantang pada awal tahun 2024, Tiongkok mempertahankan posisinya sebagai delapan dari sepuluh kesepakatan modal ventura terbesar di Asia pada kuartal pertama. Analisis KPMG menunjukkan bahwa pasar Tiongkok terus menunjukkan minat dalam memajukan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin yang inovatif. Teknologi ramah lingkungan dan bidang energi alternatifnya juga telah menarik investasi besar. Pada kuartal pertama, tiga perusahaan teknologi ramah lingkungan dalam negeri berhasil menduduki peringkat di antara transaksi terbesar di Tiongkok Asia.

Menurut laporan KPMG Venture Pulse Q1 tahun 2024, perusahaan-perusahaan yang didukung modal ventura di Asia mencatat total 2.305 transaksi modal ventura selama kuartal tersebut, sehingga menghasilkan total US$18,9 miliar. Selama periode tersebut, tiga transaksi modal ventura terbesar di Asia semuanya berasal dari Tiongkok, dengan perusahaan kendaraan listrik IM Motors mengumpulkan dana sebesar US$1,1 miliar, kesepakatan senilai USD1 miliar oleh YueZhi AnMian yang berfokus pada AI, dan kesepakatan senilai USD 940 juta oleh Yuanxin Satellite.

Kecerdasan buatan dan energi baru tetap menjadi bidang investasi paling menarik di Tiongkok, termasuk sub-sektor seperti manufaktur material baru yang mendorong aktivitas energi baru. Melihat perusahaan unicorn yang berfokus pada teknologi ramah lingkungan dan energi alternatif pada kuartal pertama tahun 2024, ada empat perusahaan Tiongkok yang mencakup Sungrow NewEnergy, Guangxi CNGR New Energy, Zhizi Auto, dan Qiyuan Green Power.

“Industri kendaraan listrik Tiongkok sedang berkembang pesat, terutama di pasar mobil penumpang. Dengan memanfaatkan pasar industri Tiongkok yang besar dan meluasnya penggunaan truk pengangkut industri, pasar semakin tertarik pada truk listrik. Pertumbuhan Namun, untuk sepenuhnya mendorong penerapan truk listrik, diperlukan pengembangan lebih lanjut dalam pengembangan energi dan eksplorasi material baru,” ungkap Zoe Shi, Partner, KPMG Tiongkok, dalam rilisnya, Rabu (30/4/2024).

Pada kuartal pertama tahun 2024, banyak perusahaan akuisisi bertujuan khusus (SPAC) di Hong Kong mendekati tenggat waktu dua tahun untuk mengumumkan merger, dan SPAC lainnya juga mendekati tenggat waktu tiga tahun untuk mengumumkan penyelesaian merger. Proses transaksi SPAC di Hong Kong lebih lama dari rencana awal. Alasan utamanya adalah proses persetujuan yang diperlukan oleh perusahaan Tiongkok daratan yang berencana bergabung dengan SPAC dan terdaftar di Hong Kong lebih lama, dan laju delisting lebih hati-hati. .

“Aktivitas IPO harus didorong oleh perbaikan lingkungan ekonomi secara keseluruhan, namun kami yakin bahwa beberapa tanda positif jangka panjang telah muncul. Hong Kong saat ini didukung oleh sejumlah besar dana dan langkah-langkah fasilitasi. Berbagai industri strategis, seperti perusahaan teknologi maju, perusahaan kecerdasan buatan, dan perusahaan teknologi mendalam, akan membantu perusahaan rintisan mengisi kesenjangan pendanaan di pasar pembiayaan yang menantang,” jelas Irene Chu, Partner & Head of New Economy and Life Sciences, Hong Kong (SAR) KPMG Tiongkok,

Meskipun pasar menghadapi tantangan pada awal tahun 2024, pemerintah Hong Kong akan terus mendukung penelitian dan pengembangan, mempromosikan komersialisasi hasil penelitian, membina start-up dan talenta lokal, dan memperkuat kerja sama dengan kota-kota lain di Greater Bay Area. Sejumlah perusahaan strategis Tiongkok dan Amerika di bidang teknologi kehidupan dan kesehatan, kecerdasan buatan dan ilmu data, teknologi keuangan, manufaktur maju, dan energi baru telah berkomitmen untuk mendirikan pusat penelitian dan pengembangan atau kantor regional di Hong Kong melalui pengenalan Office of Attracting Strategic Enterprises (OASES). Selama beberapa tahun ke depan, lebih dari US$5 miliar akan diinvestasikan dan lebih dari 13.000 lapangan kerja akan diciptakan, sehingga memberikan sumber dorongan bagi ekosistem start-up.

Memasuki kuartal kedua tahun 2024, investasi modal ventura di Asia diperkirakan akan tetap stabil, dan pasar konsumen diperkirakan akan pulih secara bertahap. Kecerdasan buatan dan teknologi terkait ESG, termasuk teknologi baterai, rantai nilai kendaraan listrik, dan semikonduktor, diperkirakan akan terus menarik investasi yang signifikan. Di Tiongkok, pasar memperkirakan pemerintah akan mengeluarkan kebijakan untuk meningkatkan perekonomian. Jika kebijakan terkait diterapkan pada kuartal kedua tahun ini, hal ini diperkirakan akan meningkatkan kepercayaan investor ventura pada paruh kedua tahun ini.

Hashtag: #KPMGChina

The issuer is solely responsible for the content of this announcement.