Koptu Erwan Sosialisasi di Peternakan Warga Sungai Sembilan

BERITA146 Dilihat

DUMAI – Koptu Erwan, Babinsa Koramil 03/Sungai Sembilan, melaksanakan sosialisasi di salah satu peternakan milik warga binaannya, Senin (3/6).

Dalam giat tersebut, Koptu Erwan memberikan sosialisasi mengenai Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Ia menjelaskan bahwa PMK adalah penyakit hewan menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini dapat menyerang hewan ternak, seperti sapi, kerbau, kambing, domba, dan babi.

“PMK dapat menyebabkan hewan ternak mengalami demam, keluar air liur berbusa, luka pada mulut dan kuku, serta penurunan nafsu makan,” ujar Koptu Erwan.

Koptu Erwan juga memberikan beberapa tips untuk mencegah penyebaran PMK, seperti Menjaga kebersihan kandang ternak, Membatasi interaksi antara ternak dengan ternak lain, Tidak membawa ternak dari daerah yang terjangkit PMK dan Melakukan vaksinasi PMK pada ternak

“Jika menemukan gejala PMK pada ternak, segera hubungi petugas kesehatan hewan,” ujar Koptu Erwan.

Masyarakat menyambut baik sosialisasi yang dilakukan oleh Koptu Erwan. Mereka mengaku akan mengikuti saran-saran yang disampaikan oleh Babinsa.

“Saya akan menjaga kebersihan kandang ternak saya. Saya juga akan membatasi interaksi antara ternak saya dengan ternak lain,” ujar salah seorang masyarakat.***

Komentar