Kirab KPU Tiba di Pekanbaru, Ini Kegiatannya

POLITIK444 Dilihat

PEKANBARU – Perjalanan kirab Komisi Pemilihan Umum (KPU) tiba di Pekanbaru, Ahad (28/5), disambut Pj wali Kota Pekanbaru Muflihun.

Selanjutnya KPU Kota Pekanbaru akan menggelar Kirab Pemilu 2024 selama 7 hari dengan agenda sosialisasi.

“Selama kirab, penyelenggara Pemilu ini akan lakukan sosialisasi ke warga,” kata Ketua KPU Pekanbaru Anton Merciyanto, di Pekanbaru, Senin.

Kirab Pemilu 2024 akan digelar selama tujuh hari di Pekanbaru. “Pada hari kedua hingga keempat, kami melakukan sosialisasi terkait Pemilu yang akan difasilitasi oleh Pemko Pekanbaru melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol),” kata Anton.

Lanjut dia, pada hari kelima, KPU melakukan sosialisasi di tempat keramaian, tepatnya di mal. Hari keenam, KPU akan mengarak bendera partai politik keliling Kota Pekanbaru.

Hari ketujuh, KPU Pekanbaru sosialisasi Pemilu lagi di pasar-pasar tradisional. Hari kedelapan, KPU mengantarkan bendera Kirab Pemilu ini ke KPU Kabupaten Kampar.

“Kirab Pemilu ini guna mengabarkan pelaksanaan Pemilu 2024,” kata Anton.

Sementara, Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir mengatakan dalam rangka setahun menuju Hari Pemungutan Suara, Pemilu Tahun 2024, KPU melaksanakan Kirab Pemilu Tahun 2024 yang akan melalui 306 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

“Dari 306 kabupaten/kota di Indonesia, tiga kabupaten/kota di Riau akan menjadi daerah yang dilintasi kirab, yakni Kota Dumai, Pekanbaru dan Kampar,” kata Ilham.

Estafet Kirab Pemilu 2024 akan membawa 18 bendera partai politik peserta Pemilu 2024 dari satu kabupaten ke kabupaten berikutnya sesuai rute yang telah ditentukan.

Estafet Kirab Pemilu 2024 di Provinsi Riau dimulai penerimaan dari KPU Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, kepada KPU Kota Dumai dilaksanakan di Taman Bukit Gelanggang Dumai, Minggu (21/5).

“Setelah diterima, estafet kirab akan berada di masing-masing kabupaten/kota untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi Pemilu 2024 kepada masyarakat setempat dengan berbagai metode dan segmen pemilih,” lanjut Ilham.

Lanjut Ilham, setelah dari Dumai, estafet Kirap Pemilu 2024 akan dilanjutkan ke Kota Pekanbaru 28 Mei hingga 3 Juni 2023. “Setelah Kota Pekanbaru, estafet dilanjutkan ke Kabupaten Kampar pada 4-10 Juni 2023.

Estafet kirab yang diberangkatkan dari 7 titik di seluruh Indonesia diperkirakan sampai secara serentak di titik finish di KPU RI Jalan Imam Bonjol Nomor 29 Jakarta pada 25 November 2023.

Sumber: Antara

Komentar