Joseph Michalski Menjadi Non-Cina Pertama yang Menerima Penghargaan ‘Xplorer Prize’

BERITA542 Dilihat

HONG KONG SAR – Dr Joseph Michalski, Profesor Rekanan, Departemen Ilmu Bumi, Fakultas Sains, Universitas Hong Kong (HKU) telah dianugerahi Penghargaan Xplorer Prize 2023 atas kontribusinya dalam bidang keplanetan dan penelitian Mars. Dr. Joseph Michalski adalah penerima non-Cina pertama dari kehormatan ini.

Dr Joseph Michalski terutama terlibat dalam studi kerak kuno Mars. Dia percaya bahwa kerak kuno Mars berisi informasi penting tentang asal usul kehidupan di Bumi dan proses tektonik pra-lempeng.

“Mars dan Bumi memiliki lingkungan geologis yang mirip, jadi sebenarnya Mars bisa membentuk kehidupan sejak awal, sama seperti Bumi melahirkan kehidupan. Dan karena Bumi memiliki struktur lempeng, Mars tidak, dan kerak Bumi memiliki mengalami perubahan yang hampir sempurna,”

“Mars tetap mempertahankan Protocrust, yang berarti bahwa satu-satunya harapan untuk memahami asal usul kehidupan dan proses yang terlibat adalah di Mars, bukan di Bumi, yang merupakan alasan penting untuk mempelajari kerak kuno Mars,” jelas Dr. Joseph Michalski.

Dia menunjukkan bahwa lingkungan geologis Bumi dan Mars sangat mirip 3,8 miliar hingga 4 miliar tahun yang lalu, dan Mars sebenarnya sangat mungkin memiliki organisme turunan seperti Bumi.

Joseph Michalski dan tim risetnya menggunakan serangkaian data penginderaan jauh, termasuk data inframerah, cahaya tampak, magnetik, gravitasi, dan laser dari satelit yang mengorbit Mars dan probe permukaan Mars, dari vulkanologi, geokimia, tektonik, dan mineralogi, dll., penelitian mengungkap pengetahuan baru tentang Mars.

Dr Michalski mendirikan Laboratorium Spektroskopi dan Mineralogi Planet (www.clays.space/lab) di HKU untuk melakukan penelitian mutakhir guna mendukung misi ke Mars, Bulan, dan asteroid lainnya di Tiongkok dan tempat lain.

Dr Michalski juga merupakan Wakil Direktur Laboratorium Penelitian Antariksa HKU, yang mempromosikan pengembangan interdisipliner ilmu antariksa terapan di Universitas.

HKU mengucapkan selamat kepada Dr. Joseph Michalski atas penghargaannya dan menantikan terobosan lanjutannya dalam penelitian luar angkasa.

Xplorer Prize merupakan salah satu program pendanaan tertinggi untuk talenta ilmiah dan teknologi muda di Tiongkok.

Didirikan pada tahun 2018 oleh Pony Ma, Ketua dan CEO Tencent dan pendiri Tencent Foundation, bersama dengan 14 ilmuwan terkenal, termasuk Chen Ning Yang, Rao Yi, Shi Yigong, Pan Jianwei, dan Xie Xiaoliang, Xplorer Prize mengakui hingga 50 ilmuwan terkemuka setiap tahun. Setiap pemenang menerima total RMB 3 juta selama lima tahun ke depan.***

Komentar