Gubernur Riau Peringati Hari Santri di Rohil

BERITA659 Dilihat

ROHIL – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri perayaan Hari Santri Nasional tahun 2023 tingkat Provinsi Riau di Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Hari Santri tahun ini mengusung bertema “Jihad Santri Jayakan Negeri”.

Dari pantauan Media Center Riau, Gubri Syamsuar disambut antusias oleh ribuan santri dan satriwati dari seluruh kabupaten/kota di provinsi Riau. Acara ini dilaksanakan, pada Minggu (22/10/2023) pagi.

Gubri ungkapkan, melihat peran strategis kyai, ulama dan santri dalam perjuangan heroiknya mempertahankan NKRI. Maka negara menetapkan hari santri melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 tentang Hari Santri.

“Hari Santri Nasional diresmikan bapak Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Tahun ini, peringatan hari santri mengusung tema ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’. Tema tersebut memberi pesan bahwa peringatan hari santri tahun ini ingin merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan mengatasi kebodohan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Santri 2023 tingkat Provinsi Riau, menerangkan bahwa ada sebanyak 6.200 anak yang berkumpul memperingati di Ponpes Bidayatul Hidayah Rohil. Ia menambahkan bahwa ini merupakan peserta terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, tahun ini setiap perwakilan ponpes se-provinsi Riau berkumpul di Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah. Jumlah santri yang terdaftar ada sebanyak 6200 anak dan ini merupakan jumlah peserta terbanyak dari peringatan sebelumnya,” pungkasnya.(mcr)

Komentar