Gubernur Provinsi Riau Syamsuar Melepas 374 Calon Haji Riau

BERITA507 Dilihat

PEKANBARU – Gubernur Riau Syamsuar melepas 374 calon haji Riau yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama di asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau, di Pekanbaru, Rabu (24/5) untuk menunaikan ibadah haji tahun 1444 Hijriah/2023 .

“CJH akan didampingi oleh tim pembimbing ibadah haji yang akan membimbing CJH agar jamaah dapat memaksimalkan ibadah di tanah suci dan mengamalkan sunah Rasulullah SAW,” kata Gubernur Riau Syamsuar di Pekanbaru, Rabu.

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan bimbingan diperlukan karena tidak semua dari CJH paham terkait ibadah ibadah yang dikerjakan itu. Karena ibadah ini sulit dilaksanakan maka manfaatkan waktu ini dengan baik.

Gubernur Syamsuar juga menceritakan pengalamannya selama beribadah di Tanah Suci dan bisa dijadikan pelajaran bagi para jemaah yang akan berangkat ke Tanah Suci.

“Kami mengharapkan doa dari bapak dan ibu untuk keberkahan Riau dan mudah-mudahan Pemilu tahun 2024 terpilih pemimpin yang taat kepada Allah SWT dan dapat membangun negeri di masa yang akan datang,” katanya.

Syamsuar juga mendoakan CJH selamat dalam perjalanan pulang dan pergi, selamat melaksanakan ibadah sebanyak-banyaknya dan mendapatkan haji yang mabrur serta jauh dari segala bentuk musibah dan diberikan kedamaian dan keamanan.

Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy mengatakan EHA Riau memberangkatkan 5.047 orang jemaah haji se Riau yang tergabung dalam 14 kloter.

“Untuk kloter pertama berangkat 374 orang berasal dari Pekanbaru 367 orang petugas kloter 5 orang dan petugas haji daerah 2 orang,” kata Masrul.

Ia menjelaskan para CJH akan segera diberangkatkan ke Batam dengan 2 kali penerbangan. Kemudian, diberangkatkan ke Madinah dengan penerbangan Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbangan SB 5043 pada pukul 17:40 WIB.

Jamaah kloter pertama EHA Riau, katanya, sesuai jadwal kembali ke tanah air dalam penerbangan lanjutan pada 5 Juli 2023, pada pukul 04.20 WIB tiba di Batam dan akan diterbangkan kembali ke Pekanbaru dengan dua kali penerbangan.

Kepala Kanwil Kemenag Riau Mahyudin mengatakan berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 189 tahun 2023 kuota haji Riau berjumlah 5.047 calon jemaah haji dengan prioritas lanjut usia (Lansia) sebanyak 252 orang.

Ia menyebutkan usia CJH tertua tahun 2023 berumur 92 tahun dan secara nasional usia tertua CJH Indonesia berumur 118 tahun.

“Tahun ini adalah haji ramah lansia, kita sudah arahkan petugas agar mereka memberikan layanan ramah lansia. CJH lansia juga diprioritaskan agar tidak terlalu banyak mengikuti kegiatan seremonial saat berada di embarkasi, Sebab khawatir akan menguras energi dan membuat jemaah kelelahan,” katanya.

Selain itu untuk lansia juga dipersiapkan kursi roda bagi mereka, untuk fasilitas penginapan CJH Lansia diprioritaskan berada di lantai bawah.

Sumber: Antara

Komentar