Gila! Gunung Es Antartika Bakal Diseret ke Arab Buat Atasi Kekeringan

PERISTIWA538 Dilihat

UEA – Sebuah perusahaan di Uni Emirat Arab (UEA) bernama National Advisor Bureau Limited berupaya menyeret gunung es dari Antartika ke pantai Fujairah. Ini dilakukan untuk mengatasi kekeringan dan menciptakan sumber air tawar baru di wilayah tersebut.

Proyek tersebut diumumkan pada 2017. Mereka ingin menyeret gunung es sejauh lebih dari 9.200 km melintasi Samudra Hindia, dan menambatkannya ke pantai di UEA. Di tahun 2018, proyek tersebut dimulai, dan pada 2020, perusahaan yang berbasis di Abu Dhabi ini mendapatkan hak paten atas temuan Iceberg Reservoirs dari UK Intellectual Property Office (IPO)

Paten tersebut diberikan kepada sang penemu ide Iceberg Reservoirs, Abdulla Alshehhi yang sekaligus merupakan pendiri proyek UAE Iceberg. Paten yang telah didapatkan, diyakini akan meningkatkan kepercayaan investor terhadap kelayakan teknis dan ekonomi konsep tersebut.

“Ini adalah air paling murni di dunia,” kata Sulaiman Al Shehi, direktur pelaksana National Advisor Bureau Limited yang berbasis di Abu Dhabi seperti dikutip dari Gulf News.

Rata-rata gunung es berisi hingga 20 miliar galon air tawar. Kapasitas ini cukup untuk memuaskan dahaga 1 juta orang selama lima tahun, klaim National Advisor Bureau Limited.

Berdasarkan simulasi komputer, gunung es akan kehilangan sekitar 30% dari total massanya di sepanjang jalan, dan setelah berlabuh di tujuannya. Kemudian National Advisor Bureau Limited akan menjalankan operasi pemrosesan air yang akan memunculkan balok-balok yang lebih kecil terkelupas di atas garis air.

Balok es kutub ini kemudian akan dihancurkan menjadi air minum, yang dapat disimpan dalam tangki besar untuk diproses. Proyek ini dirancang untuk mengatasi fakta bahwa UEA kehabisan air minum dengan cepat, dan proses desalinasi mungkin tidak cukup.

Beberapa perjanjian telah ditandatangani dengan perusahaan dan lembaga ilmiah di seluruh dunia yang berencana memanfaatkan gunung es sebagai sumber air tawar baru di wilayah tersebut, sejak proyek UAE Iceberg pertama kali diumumkan.

“Memiliki gunung es di lepas pantai UEA juga akan menjadi daya tarik wisata yang masif dan unik,” kata Alshehhi.

National Advisor Bureau Limited sedang mengumpulkan dana sebesar USD 9 juta pada putaran pertama pendanaan untuk proyek yang akan menggunakan teknologi khusus untuk menarik gunung es ke pantai UEA.

Teknologi ini mencakup reservoir yang fleksibel, berinsulasi panas, dan hemat biaya, serta memanfaatkan energi terbarukan untuk mencegah es mencair selama proses penarikan dari Antartika hingga tiba ke pantai Fujaira di UEA

Sumber: detik.com

Komentar