Gelaran Batik Nusantara, Jokowi: Batik Memiliki Keistimewaan

BERITA545 Dilihat

JAKARTA – Gelaran Batik Nusantara dibuka secara langsung oleh Presiden Jokowi di Senayan Park, Jakarta, Rabu (02/08/2023) pagi.

Industri batik telah menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan, bahwa batik memiliki keistimewaan tidak hanya dari segi keindahan tetapi karena makna filosofinya.

“Batik sangat istimewa, tidak saja karena keindahan, tetapi juga karena makna-makna filosofinya. Batik adalah wajah kita, batik adalah kehormatan kita,” kata Jokowi dikutip dari Setkab Rabu (02/08).

“Melalui batik telah tercipta lapangan kerja yang sangat banyak, jutaan orang bekerja di industri batik kita dan memberikan penghasilan serta kehidupan bagi jutaan rakyat kita yang bekerja di sektor ini,” sambungnya.

Jokowi meyakini, saat ini merupakan momentum yang tepat untuk batik kembali bangkit, seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang juga tumbuh baik pascapandemi COVID-19.

“Kita harapkan tahun depan juga akan semakin baik pertumbuhan ekonomi kita. Dan juga, berbagai event nasional dan internasional juga banyak, mulai banyak sekali diselenggarakan seperti juga pada hari ini, yaitu Gelar Batik Nusantara,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah melestarikan batik sebagai budaya asli Nusantara.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para perajin batik, kepada desainer batik, kepada pengusaha batik, kepada para pecinta batik, kepada para pemakai batik yang selama ini terus dan telah berkreasi menciptakan dan memproduksi, dan menggunakan batik sebagai karya adiluhung bangsa kita Indonesia,” ucapnya.

Presiden RI juga mengajak seluruh masyarakat pegiat batik untuk mengembangkan industri batik dengan terus berinovasi dalam membuat motif batik, sehingga dapat menghasilkan produksi batik-batik yang semakin beragam dan menarik.

“Saya mengajak kepada para perajin, desainer, pengusaha, pecinta batik, dan seluruh masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan momentum kebangkitan ekonomi kita ini sebaik-baiknya untuk terus mengembangkan batik yang kita miliki dengan mengeksplorasi desain, motif, dan warna yang selalu ada yang baru setiap tahunnya, agar batik semakin beragam dan menarik,” tutupnya.***

Editor: Redaksi

Komentar