Ekspektasi Pertumbuhan Tinggi Perusahaan Asia Pasifik di Era AI Berisiko Akibat Fokus Jangka Pendek TerhadapTeknologi

SINGAPURA – Media OutReach Newswire – Expereo, perusahaan internet cerdas global terdepan di dunia yang menghubungkan orang, tempat, dan segala sesuatu di mana saja, hari ini merilis hasil studi InfoBrief IDC, yang ditugaskan oleh Expereo, Enterprise Horizons 2024: Prioritas Para Pemimpin Teknologi dalam Perjalanan Bisnis Digital Mereka (1), yang merinci wawasan dari survei terhadap lebih dari 650 pemimpin teknologi global dan menyoroti sikap terhadap pertumbuhan dan investasi serta penghambat utama dalam mencapai ambisi ini.

Hasil survei yang dipublikasikan dalam IDC InfoBrief, mengungkapkan bahwa organisasi-organisasi di Asia Pasifik optimis terhadap prospek bisnis mereka dalam 12 bulan ke depan, dengan 85% pemimpin teknologi (2) memperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang moderat hingga tinggi dalam periode ini. Peran teknologi dalam membantu mewujudkan pertumbuhan tersebut telah mencapai titik tertinggi, didorong oleh laju adopsi AI. Namun, survei ini mengungkapkan kendala utama yang harus diatasi agar teknologi dapat sepenuhnya mendukung prioritas pertumbuhan, terutama munculnya sikap oportunis jangka pendek terhadap perencanaan teknologi.

Peran Teknologi dalam Strategi Pertumbuhan Bisnis

Ketika ditanya terkait prospek bisnis mereka dalam 12 bulan ke depan, 50% perusahaan di Asia Pasifik memperkirakan akan mengalami pertumbuhan moderat dan 35% lainnya memperkirakan pertumbuhan yang tinggi. Kemampuan teknologi untuk membantu mewujudkan pertumbuhan ini tidak pernah lebih tinggi dalam agenda, dengan hampir sepertiga pemimpin teknologi (33%) mengatakan bahwa pertumbuhan (untuk meningkatkan pendapatan dan/atau berekspansi ke pasar, segmen, dan/atau geografi baru) berada dalam 3 prioritas utama mereka yang mendorong investasi teknologi dalam organisasi mereka. Selain itu, prioritas utama para pemimpin teknologi saat ini adalah berkontribusi pada pertumbuhan bisnis/peningkatan omset.

Jangka Pendek Menempatkan Ambisi Pertumbuhan di Bawah Ancaman bagi Banyak Orang

Namun, hanya 23% perusahaan di Asia Pasifik yang telah mencapai kematangan digital secara penuh – sebuah skenario di mana strategi bisnis digital jangka panjang telah tersedia dan terdapat lintasan yang mengutamakan digital di seluruh perusahaan. Kenyataannya, sebagian besar organisasi masih mengerjakan rencana digital yang bersifat oportunis dan jangka pendek dengan keunggulan digital yang terisolasi dan terkotak-kotak di seluruh unit TI dan Bisnis.

Faktanya, sepertiga (32%) perusahaan di Asia Pasifik mengakui bahwa mereka memiliki fokus jangka pendek, yang berarti strategi dan inisiatif digital berorientasi pada perusahaan namun biasanya memiliki jangka waktu yang pendek. Menariknya, ada lebih dari seperempat (29%) responden APAC yang mengatakan bahwa meskipun CEO mendukung inisiatif digital, mereka tidak bekerja cukup dekat dengan para pemimpin teknologi, sehingga menempatkan inisiatif transformasi digital dalam bahaya.

Kematangan Digital Sangat Penting untuk Menghadapi Tantangan di Masa Depan

Berbagai tantangan yang diidentifikasi dalam survei ini mencerminkan perpaduan antara faktor teknis, ekonomi, dan budaya yang dihadapi para pemimpin teknologi dan bisnis saat ini.

Ketika ditanya apa risiko atau penghambat terbesar terhadap ambisi pertumbuhan mereka selama 12 bulan ke depan, 37% responden APAC menyebutkan bahwa masalah geopolitik berpotensi memengaruhi bisnis atau penyedia teknologi mereka. Hal ini diikuti oleh inflasi (31%), ketidakpastian ekonomi (32%), pengeluaran yang tidak terkendali oleh lini bisnis (33%) dan kinerja jaringan / konektivitas secara global (30%).

Ketika ditanya tentang tantangan serius dalam melaksanakan inisiatif digital yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan, kompleksitas integrasi TI (41%), kemampuan mitra (40%), kurangnya keahlian regional (35%) diidentifikasi.

Peningkatan otomatisasi, peningkatan pengendalian biaya dan efisiensi, serta inovasi yang lebih besar dipandang sebagai pendorong pertumbuhan utama

Ketika ditanya bagaimana organisasi mereka berencana untuk mewujudkan pertumbuhan global dalam 12 bulan ke depan, pendorong nomor satu adalah melalui peningkatan otomatisasi bagi lebih dari separuh (52%) responden; 63% responden lainnya setuju bahwa otomatisasi operasi dan proses bisnis saat ini dianggap penting atau sangat penting. Inisiatif pertumbuhan tambahan termasuk peningkatan fokus pada pengendalian biaya dan efisiensi (49%) dan peningkatan inovasi (38%).

AI adalah prioritas investasi teknologi nomor satu

43% responden menyebut AI sebagai prioritas investasi teknologi nomor satu, mengalahkan keamanan (39%) dan jaringan/konektivitas cloud atau multicloud (37%). 34% responden percaya bahwa AI/ML akan sangat penting untuk memenuhi ambisi bisnis, dan 60% responden lainnya mengatakan bahwa AI/ML akan sangat penting.

“Laporan Enterprise Horizons tahun ini membawa berita yang menggembirakan: ada optimisme yang berkembang tentang pertumbuhan global, dan peran penting teknologi dalam mendorong kemajuan ini diakui secara luas. Banyak organisasi yang ingin mempercepat perjalanan mereka menuju masa depan melalui transformasi digital, tetapi jalan ke depan masih menjadi pekerjaan rumah bagi banyak orang. Menjembatani kesenjangan antara kelima organisasi global yang menunjukkan kematangan digital penuh dengan yang lainnya sangatlah penting, ungkap Ben Elms, Chief Executive Officer di Expereo, dalam rilisnya, Kamis (20/6/2024).

Untuk bergerak cepat ke masa depan dengan transformasi digital, organisasi memerlukan strategi digital 360 derajat jangka panjang yang komprehensif. Strategi ini harus mencakup setiap aspek dari tumpukan teknologi – mulai dari AI/ML, otomatisasi, dan analitik, hingga kinerja cloud, keamanan, visibilitas jaringan, dan konektivitas. Pendekatan strategis seperti itu sangat penting untuk memastikan kinerja, kelincahan, dan skalabilitas yang diperlukan untuk pertumbuhan yang tinggi dan berkelanjutan.”

Untuk InfoBrief IDC selengkapnya, silakan kunjungi: https://www.expereo.com/whitepapers/enterprise-horizons-2024

[1] doc #EUR252162924, May 2024
[2] doc #EUR252049924, April 2024

Hashtag: #Expereo

The issuer is solely responsible for the content of this announcement.