DHL Buka dan Operasikan Center of Excellence Kendaraan Listrik Terbarunya di Shanghai

SHANGHAI, CHINA – Media OutReach Newswire – DHL, perusahaan logistik terdepan di dunia, telah membuka Pusat Keunggulan Kendaraan Listrik terbarunya di Shanghai, Tiongkok untuk mendukung perusahaan kendaraan listrik dan sektor terkait dalam mengembangkan bisnis dan kehadiran mereka secara lokal dan global.

Ini adalah Pusat Keunggulan Kendaraan Listrik Grup yang pertama di Tiongkok, pasar kendaraan listrik terbesar di dunia. Hal ini akan diikuti oleh lokasi di wilayah utama lainnya di dunia termasuk Indonesia, Meksiko, Uni Emirat Arab (UEA) dan Inggris.

Pusat Keunggulan Kendaraan Listrik Shanghai dikelola oleh DHL Global Forwarding dan dikembangkan melalui kerja sama erat dengan Grup Kendaraan Listrik Solusi Pelanggan dan Inovasi DHL (CSI), DHL Express, dan Rantai Pasokan DHL (DHL Supply Chain). Fasilitas ini berspesialisasi dalam layanan logistik end-to-end yang lancar dan terintegrasi untuk produk kendaraan listrik, termasuk baterai, motor listrik, infrastruktur pengisian daya… Fasilitas ini memiliki tim ahli yang berdedikasi untuk memastikan penanganan, penyimpanan, dan transportasi yang efisien, sekaligus memenuhi kebutuhan unik kebutuhan sektor kendaraan listrik.

“Pada tahun 2023, produsen mobil Tiongkok mendominasi pasar kendaraan listrik global, memproduksi lebih dari separuh kendaraan listrik yang beredar di seluruh dunia dan menjadi eksportir mobil terbesar di dunia. Sebagai negara penghasil baterai, Tiongkok adalah rumah bagi enam dari 10 produsen baterai kendaraan listrik terbesar, yang memasok hampir 60% baterai dunia [sumber: SNE Research on Global EV Battery Usage: SNE Research on global vehicle battery usage]. Pemahaman mendalam kami mengenai kompleksitas logistik industri kendaraan listrik, ditambah dengan jaringan global kami yang luas, membantu kami memfasilitasi babak berikutnya dalam ekspansi internasional bagi perusahaan kendaraan listrik Tiongkok kami. Dengan adanya Shanghai Electric Vehicle Center of Excellence, kami berharap dapat menjadi mitra pilihan bagi pelanggan yang mencari pertumbuhan bisnis internasional,” jelas Niki Frank, Chief Executive Officer (CEO) DHL Global Forwarding Asia-Pasifik, dalam rilisnya, Rabu (22/5/2024).

Dongming Wu, CEO DHL Express Tiongkok, mengatakan, dibutuhkan seluruh ekosistem untuk mendukung pertumbuhan produsen kendaraan listrik Tiongkok saat mereka berekspansi secara global.”Sebagai perusahaan logistik untuk dunia, Kami memiliki pengetahuan tentang kebijakan perdagangan dan peraturan bea cukai di berbagai negara. Mulai dari dokumen, suku cadang hingga bahan mentah, DHL sepenuhnya mampu memberikan dukungan logistik yang stabil dan andal bagi perusahaan industri di Tiongkok untuk menembus pasar luar negeri dan membantu memperkuat posisi Tiongkok di sektor kendaraan listrik global,” tuturnya.

Meningkatnya pertumbuhan dan permintaan kendaraan listrik menimbulkan tantangan khusus bagi produsen, seperti kebutuhan akan solusi penyimpanan strategis di negara asal dan tujuan untuk mengelola pengiriman baterai yang terus meningkat. Selain itu, karena baterai diklasifikasikan sebagai barang berbahaya, persyaratan keselamatan dan peraturan yang ketat diperlukan untuk pergerakannya.

Salah satu fitur utama Pusat Keunggulan Kendaraan Listrik Shanghai adalah solusi logistik menyeluruh, modular, dan terintegrasi penuh untuk kendaraan jadi dan baterai. Rangkaian layanan komprehensif ini meliputi:

  • Penjemputan domestik dengan pengiriman bersertifikat untuk ekspor ke/dari berbagai lokasi di China
  • Inventaris kepatuhan EV bersertifikat yang dikelola oleh tim profesional berkualifikasi yang menangani semua fungsi terkait EV. Gudang di berbagai provinsi dan kota dapat menangani bongkar muat baterai lithium serta mengkonsolidasikan pembeli untuk ekspor
  • Jaringan pelayaran internasional multimoda yang sesuai untuk baterai dan kendaraan jadi, dengan pemantauan suhu dan kelembapan menyeluruh untuk transportasi internasional ke pabrik masuk ke Manufaktur: I2M) dan pusat distribusi purnajual
  • Solusi penyimpanan dan penyortiran tujuan termasuk pengiriman jarak jauh menggunakan jaringan transportasi DHL di negara tujuan dan bea cukai. “Melalui tim ahli global kami, kami berkolaborasi dengan pelanggan untuk merancang rantai pasokan yang patuh dan hemat biaya yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya, pakar Barang Berbahaya kami telah bekerja dengan pelanggan untuk memastikan kepatuhan pergerakan sel baterai sejalan dengan peraturan barang berbahaya lokal yang relevan dan di seluruh dunia. Kami juga telah mengerjakan solusi kereta api untuk menghadirkan powertrain kendaraan listrik, termasuk pengiriman jarak jauh dengan persyaratan kelembapan yang telah diperiksa sensornya. Hal ini dimungkinkan ketika kita menggunakan pengetahuan gabungan dari semua Pusat Keunggulan Kendaraan Listrik secara global,” jelas Fathi Tlatli, President of Global Automotive Mobility di DHL CSI.

Pusat Keunggulan Kendaraan Listrik Shanghai didukung oleh jaringan luas DHL Global Forwarding yang terdiri dari 35 cabang yang berlokasi strategis untuk mengoptimalkan gateway utama di seluruh Tiongkok. Perusahaan ini memiliki jaringan lebih dari 50 gudang dan fasilitas cross-docking, dengan kehadiran yang kuat di kota komersial besar. Hal ini mencakup akses terhadap ruang gudang untuk menyimpan dan menangani barang-barang berbahaya seperti baterai dan kendaraan jadi untuk impor dan ekspor. Perusahaan ini juga akan memiliki tim ahli kendaraan listrik dan Barang Berbahaya yang bekerja dengan pelanggan untuk memberikan solusi yang tepat dalam lanskap yang terus berkembang.

Pusat Keunggulan Kendaraan Listrik juga menunjukkan komitmen DHL terhadap inovasi, menyediakan solusi logistik ramah lingkungan dan mempromosikan teknologi ramah lingkungan dalam transportasi dan pergudangan. Demikian pula, DHL Global Forwarding juga telah membuat kemajuan dalam upaya keberlanjutannya di Tiongkok. Perusahaan ini memiliki armada lebih dari 250 kendaraan listrik dan hidrogen di Tiongkok, yang mencakup lebih dari 320,000 mil bulanan.

Di Tiongkok, DHL Express telah mencapai targetnya untuk melistriki 26% armadanya pada tahun 2023 dan kini telah melayani lebih dari 50.000 pelanggan GoGreen Plus. DHL Express juga memperkenalkan armada truk bertenaga hidrogen dengan mitra lokal untuk operasi jarak jauh di Shanghai, menjadikan Tiongkok sebagai negara pertama di antara 220 negara dan wilayah dalam jaringan DHL Express.

Hashtag: #DHL

The issuer is solely responsible for the content of this announcement.