BSI Luncurkan Gerakan Sustainable Movement, ini Penjelasannya

EKONOMI451 Dilihat

BALI – BSI Sustainable Movement meliputi tiga poin aktivitas utama yaitu pengurangan sampah plastik melalui penyediaan reverse vending machine (rvm) atau mesin drop botol plastik digital yang selanjutnya akan di daur ulang.

DIkutip dari halloriau, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus berkomitmen untuk melakukan implementasi keuangan berkelanjutan.

Ini dibuktikan dengan diluncurkannya gerakan BSI Sustainable Movement, Program ini merupakan gerakan ajakan BSI bagi seluruh masyarakat agar dapat berkontribusi positif bagi kelestarian lingkungan dan keberlanjutan.

Untuk menjadi aneka produk serba guna yang diproduksi UMKM. Serta penanaman pohon serta pelepasan anak tukik untuk untuk kelestarian.

BSI berkolaborasi dengan Plasticpay melakukan pemasangan 50 Reverse Vending Machine (RVM) di Bali dan Jabodetabek dalam rangka mendukung aksi berkelanjutan melalui inovasi sektor keuangan.

Melalui inovasi ini masyarakat dapat menukarkan botol plastik menjadi uang dan selanjutnya botol plastik yang telah terkumpul dapat di daur ulang menjadi produk serba guna yang diproduksi oleh UMKM Indonesia.

Melalui proses tersebut kami berharap penerapan prinsip 3P (People, Planet, Profit) dalam keuangan berkelanjutan dapat terimplementasi dengan baik.

Direktur Compliance & Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi menyebutkan, gerakan BSI Sustainable Movement yang dilakukan merupakan bentuk komitmen kuat.

Serta peran aktif BSI dalam mengimplementasikan keuangan berkelanjutan serta BSI sebagai sahabat finansial, spiritual, dan sosial.

Dia menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan, sekaligus mengenalkan keuangan berkelanjutan kepada masyarakat.

“Kegiatan BSI Sustainable Movement ini juga dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni dan Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia tanggal 3 Juli. Kami ingin masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan dan bersama-sama memberikan dampak positif pada bumi,” katanya.

Dampak nyata yang telah diberikan BSI dari adanya RVM ini telah terkumpul 689 ribu botol plastik. Dengan total pengurangan karbon sebanyak 47.598.752 gram dan total penyelamatan lahan sebesar 173 m2.

“Ke depan harapan kami pengurangan jejak karbon yang dapat diberikan BSI semakin meningkat sehingga peran BSI untuk menjaga kelestarian lingkungan bagi generasi mendatang semakin besar,” sebutnya.

Selain pemasangan RVM di Jabodetabek dan Bali, BSI juga secara simbolis menyerahkan penanaman 50.000 pohon untuk Bali dan seluruh Indonesia. Selanjutnya, BSI juga melakukan pelepasan 200 tukik/anak penyu sebagai bentuk dukungan pelestarian biota laut.

“Sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, BSI tidak hanya ingin memberikan manfaat kepada manusia saja, tetapi juga memberikan rahmat bagi seluruh alam semesta,” tutur Dewi.***

Editor: Redaksi

Komentar