Berikut 5 Legenda Kapal Hantu yang Berkeliaran di Laut

TRAVEL519 Dilihat

JAKARTA – Legenda kapal hantu yang berkeliaran di Laut, Tak sedikit yang mengaku melihatnya, walau tentu tak bisa dibuktikan secara ilmiah.

Seperti dikutip Penjurupos dari detikINET, berikut 5 legenda kapal hantu paling terkenal.

Ada cukup banyak legenda tentang kapal hantu yang wara wiri di lautan bebas.

1. El Caleuche

El Caleuche adalah kapal hantu yang berlayar di lautan Chile. “El Caleuche selalu berlayar di malam hari dan muncul mendadak di antara kabut, bersinar temaram,” sebut buku South and Meso-American Mythology A to Z. Konon, kapal ini menjaga perairan dan menghukum mereka yang mengganggu lautan.

Krunya disebut sudah mati, ada pelayar dan juga penyihir. “Pada malam yang tenang, musik dan tawa bisa terdengar dari kapal tersebut,” demikian sebut penulis buku mengenai kapal hantu ini.

2. Kobenhavn

Di 14 Desember 1928, kapal Denmark bernama Kobenhavn berlayar menuju Australia. Kapal ini menonjol karena punya 5 tiang. Para krunya sebagian berasal dari keluarga terkenal di Denmark. Sempat rutin kontak dengan radio, kapal itu tak terdengar lagi sejak 21 Desember.

Beberapa teori dikemukakan, kemungkinan kapal ini terjebak di es dan celaka. Ada beberapa yang mengaku melihat kapal ini dengan 5 tiangnya berlayar di lautan, sehingga menjadikannya kapal hantu.

Tahun 2012, sebuah bangkai kapal ditemukan di pulau Tristan da Cunha dan kemungkinan adalah kapal Kobenhavn ini.

3. HMS Eurydice

Pada 1878, kapal Angkatan Laut Inggris, HMS Eurydice hancur dan tenggelam di dekat Isle Of Wight karena diterjang badai mendadak. Sebanyak 364 kru tewas dan hanya 2 kru selamat. Badai itu datang begitu mendadak di hari yang awalnya tenang.

Sejak saat itu, ada beberapa pelayar yang mengaku melihat penampakan kapal tersebut. “Para pelayar dan wisatawan mengatakan mereka menyaksikan pemandangan kapal hantu di dekat Isle of Wight,” tulis BBC. Bahkan, Pangeran Edward mengaku pernah melihatnya di tahun 1998.

4. Mary Celeste

Pada 4 Desember 1872, ditemukan sebuah kapal bernama Mary Celeste berlayar di Laut Atlantik. Dari 10 kru yang diketahui berada di kapal itu, satu pun tak pernah ditemukan. Kapal pelampungnya hilang, tapi tidak diketahui mengapa kapal itu ditinggalkan.

Hanya ada kerusakan kecil dan sedikit banjir, tapi tidak mencelakakan kapal itu. Sejauh ini, walaupun sudah digelar riset, tak diketahui apa yang menyebabkan kapal itu ditinggalkan dan bagaimana nasib krunya.

Beberapa teori dikemukakan, misalnya sang kapten meminta kru menyelamatkan diri karena terjadi sesuatu.

5. Flying Dutchman

Inilah kapal hantu yang paling terkenal, Flying Dutchman. Kapal ini berkeliaran di Tanjung Harapan, Afrika Selatan. Flying Dutchman sendiri merujuk pada sang kapten, bukan kapalnya.

Konon dalam salah satu cerita mengenai asal muasalnya, kapten Handrick Vanderdecken dari Belanda di abad ke-17 memimpin kapal itu dan diterjang badai di area Tanjung Harapan.

Di tengah badai, dia meremehkan kekuasaan Tuhan dan sombong, sehingga kapalnya menabrak batu dan tenggelam bersama seluruh kru.

Sebagai hukuman, sang kapten dan seluruh kru berlayar selamanya di lautan luas dengan harapan suatu hari dapat diampuni.***

Editor: Redaksi

Komentar