Beli Motor Yamaha Cash Nambah Biaya Admin Rp 1 Juta, Lapor Ke Sini

OTOMOTIF493 Dilihat

JAKARTA – Postingan itu diunggah melalui akun twitter @txtdarionlshop.

Unggahan itu berupa screenshot atau tangkapan layar percakapan yang menyebutkan pembelian Yamaha Aerox terdapat biaya tambahan Rp 1 juta untuk varian standar, sedangkan varian Cyber dan ABS ditambah Rp 2 juta.

Dikutip dari detikoto, Pembelian motor Yamaha bisa dilakukan secara kredit dan tunai.

Namun baru-baru ini viral, jika membayar secara tunai maka harus menambah uang administrasi sebesar Rp 1 juta.

Sontak saja beberapa warganet mengeluh pernah mengalami masalah yang sama. Tetapi di antara yang lain juga membantah jika pembelian tunai di dealer Yamaha perlu mengeluarkan biaya administrasi tambahan.

“Kemarin ke dealer X rencana mau ambl cash kena tambahan 2,5jt. Ditanya uang utk apa, uang apa jawabnya “iya dari sananya kl cash kena tambahan biaya” WKWK. Trs ke dealer Y deh deket rumah, ambil cash ga kena tambahan apa². Sama-sama dealer resmi, merk sama,” komen @Yinya***

“Tahun lalu beli yamaha gear cash, mudah banget gak ada admin apa2, murni bayar cm 17700k sesuai harga di brosur. Plus dpt gratis iphone,” timpal @NF4869

“terakhir aku beli cash ga ada biaya admin kok nder. kayaknya tergantung dealer deh. emang inden katanya 1 minggu tapi motorku ready 3 hari. bahkan bpkbnya juga dianter ke rumah,” tambah @arcen***

Pengalaman diminta menambah biaya tambahan dengan alasan administrasi juga dialami konsumen Yamaha asal Ciputat, Tangerang Selatan. AP membeli satu unit motor Yamaha Nmax Connected secara tunai. Dia mengatakan perlu menambah biaya administrasi tambahan sebesar Rp 1 juta, di luar harga On The Road (OTR) yang ditebus sebesar Rp 33.375.000.

“Biaya administrasi katanya. Iya (diminta Rp 1 juta), tapi yang Rp 1 juta gak ada kuitansinya,” kata sumber tersebut sembari menyodorkan kuitansi pembelian Yamaha Nmax Connected pada 2022 lalu.

Menanggapi hal ini, Asst. General Manager Marketing – Public Relation PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro angkat bicara. Saat disinggung terkait uang administrasi sebesar Rp 1 juta, Anton tidak membenarkan atau membantah adanya praktik tersebut.

“Pada dasarnya kami senang sekali konsumen sangat berminat membeli Nmax Connected, dan kami tidak pernah membedakan konsumen yang membeli baik secara tunai maupun kredit. Perlakuannya adalah sama,” ujar Anton kepada detikcom, Senin (3/7/2023).

“Kami anjurkan konsumen bisa menyampaikan minat beli (indent) di Dealer Yamaha dan kami mohon kesabarannya untuk menunggu, karena kami akan berusaha untuk secepatnya mengirimkan unit Nmax kepada konsumen sesuai dengan antrian di masing-masing dealer,” sambungnya lagi.

Bagi konsumen yang merasa dipersulit pembelian tunai, dia menyarankan supaya memberikan informasi mulai dari dealer, nama tenaga penjual dan bukti lainnya.

Nanti pihak Yamaha akan melakukan penindakan bagi oknum sales tersebut.

“Apabila ada konsumen yang merasa dipersulit dalam hal pembelian, khususnya secara cash oleh ‘oknum’ salesman dealer, laporkan saja kepada kami,” ujar Anton.

Konsumen bisa melalui Call Center Yamaha di 021-24575555, 021-4618000. Atau dapat juga melalui email di contact_center@yamaha-motor.co.id.

“Dengan menyertakan bukti nama dealer, salesman, dan lainnya. Akan kami tindak lanjuti,” ucap dia.***

Editor: Redaksi

Komentar