Babinsa Koramil 03 SS Selalu Rutin Patroli, Lakukan Pencegahan Terhadap Karhutla

BERITA174 Dilihat

DUMAI – Serda Iwan Sahputra, Babinsa dari Koramil 03 SS, melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi pencegahan Karhutla di wilayah binaannya, (19/5).

Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dapat mengancam lingkungan serta masyarakat, Serda Iwan Sahputra berinisiatif untuk melakukan patroli rutin di wilayahnya.

Dalam patroli tersebut, Serda Iwan Sahputra berkeliling di sejumlah titik rawan kebakaran hutan dan lahan di wilayah binaannya. Dengan cermat, ia memeriksa potensi sumber api dari kemungkinan pembakaran yang tidak sengaja atau kelalaian manusia. Selain itu, ia juga memastikan bahwa tidak ada tindakan pembakaran lahan secara ilegal yang sedang berlangsung di wilayah tersebut.

Selama kegiatan patroli, Serda Iwan Sahputra juga mengadakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar mengenai pentingnya pencegahan Karhutla. Ia menjelaskan dampak yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan dan lahan, termasuk kerugian lingkungan, kesehatan, dan ekonomi.

Serda Iwan Sahputra juga memberikan informasi tentang langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat, seperti tidak membakar sampah sembarangan, tidak merokok di area rawan, dan melaporkan kebakaran segera ke pihak berwenang.

Dalam sosialisasinya, Serda Iwan Sahputra juga mengajak masyarakat untuk membentuk kelompok gotong royong dalam menghadapi potensi Karhutla. Ia mengingatkan pentingnya kerja sama antara masyarakat, aparat keamanan, dan instansi terkait dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla.

Selain melakukan patroli dan sosialisasi, Serda Iwan Sahputra juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti pemadam kebakaran, aparat desa, dan instansi lingkungan hidup.

“Hal ini dilakukan untuk memperkuat sinergi dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla serta mengantisipasi tindakan yang cepat jika terjadi kebakaran,” Ujarnya.

Serda Iwan Sahputra berharap bahwa kegiatan patroli dan sosialisasi yang dilakukannya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait bahaya Karhutla dan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Ia berharap masyarakat dapat menjadi mitra dalam upaya pencegahan Karhutla dan saling menjaga wilayah binaan dari ancaman kebakaran yang dapat merugikan banyak pihak.

“Melalui upaya bersama ini, diharapkan wilayah binaan Koramil 03 SS dapat terhindar dari Karhutla dan kebakaran yang berpotensi merusak lingkungan dan sumber daya alam,” Katanya.***

Komentar