Babinsa Koramil 01 Dumai Pantau Kesehatan Hewan Ternak

BERITA63 Dilihat

DUMAI – Pada hari Jumat, 14 Juni 2024, Babinsa Koramil 01/Dumai – Kodim 0320/Dumai, Serda SMP Sinaga, melaksanakan sosialisasi pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur. Kegiatan ini dilakukan di RT 03, di kandang ternak milik Kadir.

Serda SMP Sinaga mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan kandang agar ternak tetap sehat.

“Kebersihan kandang adalah kunci utama dalam mencegah penyebaran PMK. Saya mengimbau semua pemilik ternak untuk rutin membersihkan kandangnya,” ujarnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Serda SMP Sinaga memberikan penjelasan mengenai gejala dan dampak dari PMK.

“PMK dapat menyebabkan kerugian besar bagi peternak. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk mengetahui gejala dan segera mengambil tindakan pencegahan,” jelasnya.

Ia juga menekankan pentingnya kesehatan ternak untuk menjaga produktivitas.

“Ternak yang sehat akan memberikan hasil yang maksimal. Kebersihan kandang dan pencegahan PMK adalah langkah awal yang harus kita lakukan bersama,” tambah Serda SMP Sinaga.

Kadir, menyambut baik sosialisasi ini, ia sangat berterima kasih kepada Babinsa yang telah memberikan pemahaman tentang PMK.

“Kami akan lebih memperhatikan kebersihan kandang dan kesehatan ternak kami,” katanya.

Serda SMP Sinaga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya menjaga kebersihan kandang dan kesehatan ternak.

“Dengan menjaga kebersihan dan kesehatan ternak, kita dapat mencegah penyebaran PMK di wilayah kita,” tuturnya.

Di akhir sosialisasi, Serda SMP Sinaga mengajak warga RT 03 untuk selalu berkoordinasi dengan Babinsa jika menemukan gejala PMK pada ternaknya.

“Kami siap membantu dan memberikan arahan lebih lanjut jika ada ternak yang menunjukkan gejala PMK. Mari kita bekerja sama untuk menjaga kesehatan ternak di wilayah kita,” tutupnya.***

Komentar