2 Direktur Kemendagri Kunker ke Kota Dumai

BERITA574 Dilihat

DUMAI – Selasa (10/7/2023) pagi, Direktur Integrasi Data Kependudukan Daerah Kemendagri Dr Ir David Yama, M.Sc., MA., dan Direktur Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dr Handayani Ningrum, SE., M.Si., Kemendagri lakukan kunker ke booth Disdukcapil Dumai di Mall Pelayanan Publik (MPP) Jl Subrantas.

Kedatangan rombongan Kemendagri didampingi Kabid Fasilitasi Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Dukcapil Provinsi Riau Dra Dwi Setiawati, M.Si. Rombongan disambut Sekda Indra Gunawan, S.Ip., M.Si., Kadis Dukcapil Zulfahren, S.Sos., M.Si., Ka Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Hendra Usman, S.Sos., M.Si., para staff fungsional dan struktural kedua Dinas, staff bidang aset Sekda Dumai dan sepasang custom duta Disdukcapil.

Kedatangan David Yama dalam rangka memeriksa dan evaluasi penerapan teknologi data kependudukan di Kota Dumai.

David Yama, sampaikan apresiasi terhadap upaya Pemerintah Kota Dumai dalam memanfaatkan teknologi integrasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Kami apresiasi dengan melihat Disdukcapil Dumai telah mengambil langkah maju dalam penerapan teknologi data kependudukan. Kedatangan ke MPP, apakah MPP menggunakan data Capil, apakah semuanya terintegrasi ke database induk Capil. Disdukcapil Dumai bisa menggunakan aplikasi tersebut. Kami ingin pastikan semua instansi atau booth yang ada di MPP terintegrasi langsung ke server Disdukcapil. Kemendagri telah membuat web service dan web portal. Dengan menggunakan kedua atau salah satu aplikasi tersebut, apabila NIK KTP di input pada setiap booth atau instansi, maka segala data pemilik NIK akan muncul di layar monitor. Kami pastinya akan mensupport MPP miliki database yang kuat. Kami juga menjamin keamanan data agar ini tidak disalahgunakan,” sebut David Yama pada Jurnalis.

Selama kunjungan, rombongan dari Kementerian Dalam Negeri melakukan peninjauan langsung di Mall Pelayanan Publik Kota Dumai. Ada banyak evaluasi sistem pelayanan data kependudukan, seperti proses pembuatan kartu identitas, perubahan data kependudukan, dan pelayanan administrasi lainnya yang dikoreksi David Yama dan Handayani Ningrum.

Sekda Kota Dumai, H. Indra Gunawan, menyambut baik kedatangan rombongan dari Kementerian Dalam Negeri dan mengapresiasi perhatian yang diberikan terhadap pelayanan publik di Kota Dumai.

“Kami sangat menghargai kunjungan dari Direktur Integrasi Data Kependudukan Daerah dan Direktur Kependudukan dan Pencatatan Sipi. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk memperlihatkan kemajuan dalam penerapan teknologi data kependudukan di Kota Dumai,” ucapnya.

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat kerjasama antara Pemerintah Kota Dumai dengan Kementerian Dalam Negeri dalam meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas dan berbasis teknologi di bidang data kependudukan.(ES)***

Editor: Redaksi

Komentar